Kamis, 17 Maret 2016

Satuan Byte dan Bit


Byte dan Bit , saya rasa teman-teman saat ini sudah sangat familiar dengan kata Bit & Byte. Tapi sudahkan teman-teman tau apa itu Bit dan Byte ? . Pada postingan ini saya coba menjelaskan dengan kata-kata saya sendiri. Jadi mohon maklum kalo dirasa tidak sesuai dengan definisi di kamus :D .

Sebagai contoh berikut ini , Saya memiliki kata “Hello” . Kata tersebut terdiri dari 5 karakter , yaitu : H , e , l , l dan o .
Setiap karakter bernilai 1 Byte . Sehingga dari kata “Hello” kita punya 5 Byte.


Nah kemudian dari mana kita dapat nilai Bit ? .
Nilai 1 Byte = 8 bit . Nah jadi mudahnya jika ada kata “Hello” bernilai 5 Byte , maka berarti 5 * 8 = 40 bit. Jadi kata Hello bernilai 40 dalam bit.

Contoh :
Hello
Panjang kata : 5
Byte : 5
Bit : 5 * 8 = 40 bit

Indonesia
Panjang kata : 9 kata
Byte : 9 byte
Bit = 9 * 8 = 72 bit

Semangat
Panjang kata : 8 kata
Byte : 8 byte
Bit : 8 * 8 = 64 bit

Nah jadi kurang lebih seperti itu cara penghitungan bit & byte . Mohon dikoreksi jika ada kesalahan , kritik & sarannya juga boleh.
Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika kurang jelas  …. :D .


Senin, 15 Februari 2016

Hal-hal yang lebih penting dari pada Deadline Projek

Bagi seorang mahasiswa IT , dikejar-kejar Deadline projek mungkin memang bukan sesuatu hal yang asing lagi , kalo boleh dimisalkan mungkin rasanya itu kayak pas jaman sekolah ketika kita lagi dikejar-kejar tugas yang kalo gak dikerjain pengaruh ke nilai Semesteran ... :D .
Pada postingan ini , saya akan membahas beberapa hal yang mungkin sebenarnya berbeda-beada untuk setiap orang yang senang mengambil projek dalam bidang IT .





Nah berikut ini beberapa hal yang saya rasa lebih penting dibandingkan dengan Deadline Projek yang begitu membebani pikiran tentunya . silahkan disimak dengan seksama :

1. Ibadah

Untuk hal yang satu ini merupakan hal yang tidak boleh diganggu gugat , untuk alasan apapun tentunya . karena tujuan awal kita ada didunia ini kan untuk beribadah . jadi buat temen-temen jangan pernah taro hal ini diprioritas selain nomor 1 . 

Karna , hal ini saya rasa tidak akan menggangu deadline projek kita , apakah kita tidak mau mengorbankan 5 menit waktu kita untuk beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang sudah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita .

Jadi untuk hal ini , selalu letakkan pada Prioritas No. 1 dalam hidup kita , Biar Dunia dapet dan Akhirat pun kita dapet . :D

2. Keluarga

Bagi saya yang kedua adalah keluarga , karna keluarga lah salah satu hal yang paling menentukkan diri kita . jangan sampai kita menyesali sesuatu yang sudah terlewatkan , karna waktu terus berjalan . dan keluarga pun tak akan selamanya seperti saat yang kita alami sekarang ini . 

Hidup itu terlalu Berharga jika hanya kita gunakan untuk menghabiskan waktu didepan laptop dengan projek-projek kita yang tidak ada habisnya itu . Jadi buat temen-temen jangan sampe deh karna tuntutan Deadline kita jadi melupakan keluarga , kalo bisa tetap sisipkan waktu untuk keluarga kita. :D

Nah, contohnya gini deh , misalkan kita lagi ngerjain projek , terus nyokap minta anterin ke pasar . kira - kira apa yang kita lakukan ? 

  a. Pura-pura Ngantuk.
  b. Nyari Adek atau Kakak kita buat Tumbal kita.
  c. Nganterin Nyokap dengan Ikhlas .

Saya rasa sebagian besar hati nuraninya akan milih yang ( C ) . tapi pada kenyataannya gak sedikit yang memilih (A) atau (B) . hehehe .
Misalkan kita berpikiran positif dan memilih (C) , mungkin kita bakal makan waktu kita buat nganterin nyokap . tapi mungkin ketika kita nganterin nyokap tadi , ada malaikat yang liat , jadi dibantu deh dikasih inspirasi buat projeknya . hehehe :D  . Langsung lanjut aja deh ke No. 3 , takut kepanjangan nanti pembahasannya .

3. Makan & Minum

Nah yang ini gak kalah pentingnya nih , karna saya rasa banyak dari temen-temen yang saking sibuknya sampe lupa makan dan minum , baru inget makan klo emang badannya udh mau K.O .

Untuk hal ini sangat perlu diperhatiin , karena jangan sampe lah saking pengennya cepet selesai , sampe makan & minum dianggap wasting time ( buang-buang waktu ).

4. Istirahat Secukupnya

Untuk nomor 4 juga kudu diperhatiin nih buat temen-temen , jangan sampe kita gak perhatiin karna ini perlu loh . sadar atau gak sadar , tubuh kita ini kan punya hak buat istirahat , jadi jangan sampe istirahat baru setelah emang badannya gak sanggup lagi nerusin .

Istirahat disini yang dimaksud tuh bukannya istirahat yang kerjaannya tidur mulu juga, tapi istirahat secukupnya , cukup istirahat yang bisa istirahatin mata, tangan, pikiran . Tapi dari pembahasan ini , bukannya mengatakan jika begadang itu gak boleh , karna terkadang Begadang itu bukannya pilihan , tapi keperluan buat memanfaatkan setiap waktu kita . Tapi jangan terus-terusan juga , karna tubuh kan punya hak istirahat . 


Nah Demikian Hal-hal yang lebih penting dari pada Deadline Projek menurut saya , mungkin buat temen-temen ada yang punya pandangan yang berbeda untuk hal ini , tapi ya setiap orang punya cara pikir yang berbeda dalam mengahadapi suatu hal masalah . Tapi kalo versi saya untuk masalah yang kita bahas barusan , ya itu jawaban saya , silahkan dibaca dan dicocokan dengan versi anda .

Terima kasih .


Minggu, 14 Februari 2016

Percantik Tampilan Web dengan CSS Framework Metro UI

 Di kesempatan kali ini , saya akan membahas sedikit tentang
mempercantik tampilan web kita dengan CSS Framework Metro UI . Metro UI sendiri merupakan salah satu jenis CSS Framework


yang merupakan pengembangan dari CSS
Framework Bootstrap .



Metro UI 


Nah , Metro UI mengusung tema seperti Windows 8 , jadi kita
bisa melihat Flat Design nya Windows 8 pada website kita jika menggunakan CSS
Framework ini . Hehehe


Berikut ini saya tampilkan beberapa tampilan yang ditawarkan oleh Metro UI :


Navigation Bar
Nah , gambar diatas merupakan contoh Navigation Bar yang ditawarkan oleh Metro UI .
Side Bar
  Kemudian selanjutnya merupakan Side Bar ...
Carousel
Window
Calendar
Nah beberapa gambar diatas merupakan beberapa tampilan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Metro UI , jadi buat teman-teman yang berminat mempelajari Metro UI , atau mungkin ingin menambahkan beberapa fungsi tambahan dari Metro UI .

Silahkan mengunji :

Nah buat teman-teman , silahkan mencoba ... :D



Terima Kasih



Sabtu, 13 Februari 2016

Belajar Instalasi Bootstrap

Sedang pengen share cara penggunaan bootstrap di web , siapa tau bisa bermanfaat dan sekaligus buat bahan pengingat klo kapan-kapan lupa cara pakenya :D



Nah , langsung aja deh penjelasannya ...
Untuk menggunakan Bootstrap kita bisa menggunakan dengan 2 cara , yaitu :



1. Akses langsung ke internet.
Untuk cara yang satu ini sangat mudah dalam penggunaannya , tetapi kekurangnya kita harus terkoneksi ke internet karena kita mengakses file-file bootstrapnya secara langsung via Internet.
<!-- Latest compiled and minified CSS -->
<link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.2.0/css/bootstrap.min.css">
<!-- Optional theme -->
<link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.2.0/css/bootstrap-theme.min.css">
<!-- Latest compiled and minified JavaScript -->
<script src="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.2.0/js/bootstrap.min.js"></script> 
2. Download file nya dan kita akses melalui file lokal kita .
Cara yang kedua ini sedikit lebih ribet dari cara yang pertama , karena kita harus menyesuaikan projek kita dengan lokasi file bootstrap yang sudah kita download .
    Berikut ini akan saya coba sampaikan beberapa langkah-langkah yang kita perlukan untuk melakukan instalasi Bootstrap ke projek kita .
-   Download File Bootstrap di http://getbootstrap.com/getting-started/#download

Struktur file bootstrap
  - Buat file contoh , untuk mempermudah silahkan meniru contoh code HTML dibawah ini :





  - Selanjutnya simpan file kita di folder bootstrap yang barusan kita download , maka kurang lebih letaknya akan seperti ini :
index.html merupakan nama file yang barusan kita buat dengan menggunakan kode HTML diatas.   
Nah setelah dijalankan di browser , maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar dibawah :



 
Nah demikian , panduan singkat dari saya tentang panduan instalasi Bootstrap ke projek kita , untuk lebih dalam tentang Bootstrap silahkan teman-teman eksplorasi sendiri di Official Website nya :




Nah , demikian post dari saya tentang Instalasi Bootstrap nya , jika ada pertanyaan , kritik dan saran , silahkan disampaikan , jangan sungkan untuk menyampaikan pendapat

Terima Kasih .

Sabtu, 19 April 2014

Menyimpan data ke Database MySQL menggunakan PHP

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar membuat koneksi ke database mysql kita , kali ini kita akan belajar menyimpan data ke Database MySQL kita . sebelum memulai menyimpan data , pertama-tama kita harus sudah punya database terlebih dahulu . karena akan aneh sekali kalo kita mau menyimpan tapi gk ada tempat nyimpennya .
nah untuk itu pertama-tama mari kita buat terlebih dahulu database yang kita butuhkan beserta table nya :


CREATE DATABASE db_belajar;
USE db_belajar;

CREATE TABLE mahasiswa (

  nim char(10) not null,
  nama varchar(30),
  alamat varchar(200),
  primary key (nim)
);

nah klo kita sudah buat tempatnya , selanjutnya maka kita perlu membuat tampilan untuk meng-input datanya, berikut ini contoh tampilan HTML sederhana yang akan kita gunakan untuk pembelajaran ini  :

<html>
  <head>
    <title>Simpan Data</title>
  </head>
  <body>
    <form action="" method="post">
      NIM<br>
      <input type="text" name="nim"><br>
      NAMA<br>
      <input type="text" name="nama"><br>
      ALAMAT<br>
      <textarea name="alamat"></textarea><br>
      <input type="submit" name="submit" value="SIMPAN">
      <input type="reset" name="reset" value="RESET">
    </form>
  </body>
</html>

nah klo kalian sudah punya file dengan ekstensi (.php) dengan isi file minimal sepert contoh di atas , maka selanjutnya kita akan membuat kode PHP untuk menyimpan apa yang kita inputkan dari tampilan , berikut kodenya :


<?php
  $con = mysql_connect("localhost","root","");
  if ($con) {
    mysql_select_db("db_belajar");
  } else {
    echo mysql_error();
  }

  if(isset($_POST['submit'])){
    $nim = $_POST['nim'];
    $nama = $_POST['nama'];
    $alamat = $_POST['alamat'];

    $query = mysql_query("insert into mahasiswa
               values('$nim','$nama','$alamat')");
    
    if ($query) {
      echo "Berhasil disimpan !"; 
    } else {
      echo "Gagal menyimpan data !".mysql_error();
    }
  }
?>

Klo sudah sampai sini seharusnya proses menyimpan data ke Database MySQL sudah bisa dijalankan , hehe . nah untuk kode lengkapnya ada di bawah ini :

<html>
  <head>
    <title>Simpan Data</title>
  </head>
  <body>
    <form action="" method="post">
      NIM<br>
      <input type="text" name="nim"><br>
      NAMA<br>
      <input type="text" name="nama"><br>
      ALAMAT<br>
      <textarea name="alamat"></textarea><br>
      <input type="submit" name="submit" value="SIMPAN">
      <input tye="reset" name="reset" value="RESET">
    </form>
  </body>
</html>

<?php
  $con = mysql_connect("localhost","root","");
  if ($con) {
    mysql_select_db("db_belajar");
  } else {
    echo mysql_error();
  }

  if(isset($_POST['submit'])){
    $nim = $_POST['nim'];
    $nama = $_POST['nama'];
    $alamat = $_POST['alamat'];

    $query = mysql_query("insert into mahasiswa
               values('$nim','$nama','$alamat')");
    
    if ($query) {
      echo "Berhasil disimpan !"; 
    } else {
      echo "Gagal menyimpan data !".mysql_error();
    }
  }
?>

nah sekian posting singkat tentang menyimpan data di Database MySQL menggunakan PHP , mohon maaf jika ada salah kata dan penulisan dari saya , besar harapan saya kritik dan saran dari teman-teman yang membaca . semoga postingan ini bisa membantu teman-teman yang ingin belajar pemrograman PHP ... terima kasih :D

Kamis, 10 April 2014

Membuat Koneksi ke Database MySQL menggunakan PHP

 
Hello teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat koneksi ke database MySQL menggunakan PHP. Koneksi disini berfungsi untuk membuat suatu hubungan ke database MySQL agar kita bisa melakukan proses transaksi dengan database MySQL kita , nah kita lihat saja source code nya dibawah ini :






Keterangan :
  • Baris 5 -  8 :   Deklarasi variabel yang akan kita gunakan , disini kita mendeklarasikan host, user MySQL dan pass nya .
  • Baris 14 : kita menggunakan fungsi mysql_connect() yang berfungsi untuk melakukan koneksi/hubungan ke database MySQL nya  
  • Baris 21 : memilih database yang ingin kita gunakan menggunakan fungsi mysql_select_db()
  • mysql_error() adalah fungsi mysql yang akan menampilkan pesan error selama berlangsung nya hubungan denga database mysql

Jumat, 03 Januari 2014

Cara Mengganti Icon di Title pada HTML

Hai Teman-teman , pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara mengganti gambar Icon yang ada di sebelah Title .
Pernah coba nyari-nyari di mbah google , tapi yang muncul kok malah cara ganti favicon di blogger atau wordpress , nah dari situ lah akhirnya saya coba-coba liat tuh referensi-referensi website dari mbah Google . dan setelah dilihat-lihat ternyata ada kesamaan cara menggantinya , kita sama-sama harus menambahkan satu tag kuncinya ..... hehehe
Untuk penjelasan bagaimana melakukannya , teman-teman bisa lihat di bawah ini nih ....

Dari Source Code di atas , teman-teman bisa lihat di baris ke 3 , disana ada tag :

<link href='http://wallpaperback.blogspot.com/favicon.ico' rel='shortcut icon'>

Penjelasan untuk tag di atas  klo kita liat di sana ada attribute href='http://wallpaperback.blogspot.com/favicon.ico', nah attribut itu maksudnya adalah untuk mencari lokasi gambar icon yang ingin kita gunakanan .
jika teman-teman mencoba sendiri di rumah tanpa koneksi internet dan gambar yang sudah tersedia , contohnya seperti ini :


Maka teman-teman tinggal mengubah tag link menjadi :

<link href='nama-gambar.jpg' rel='shortcut icon'>

kemudian silahkan di coba sendiri ,.... karna mencoba jauh lebih baik dibandingkan hanya melihat :D